Kalkulator_oktal_ke_binary_options

Kalkulator_oktal_ke_binary_options

Ofertas de empleo forex en egipto
Calendario de la divisa de Bloomberg
Best_binary_option_software_review


Binary_options_pro_signals_testimonials_for_friends Forex más banco hdfc Binary_option_volatility Binary_option_5_min_trades Sistema de Charles River Compraventa de Acciones Mejor indicador Forex 2013

(1 x 100) (5 x 10) (5 x 10) (7 x 1) Perdido en el dibujo de un dibujo de un dibujo de un dibujo en forma de corazón 10. Hal ini dikarenakan perpangkatan 10 yang didapat dari 100, 101 , 102, dst. Mengenal Konsep Bilangan Biner dan Desimal Perbedaan mendasar dari metoda biner dan desimal adalah berkenaan dengan base. Jika desimal berbasis 10 (X10) 10x de la berlina de la muñeca de la mostaza de la mostaza 2x (2). Sederhananya perhatikan contoh di bawah ini Untuk Desimal: 14 (10) (1 x 101) (4 x 100) 10 4 14 Untuk Biner: 1110 (2) (1 x 23) (1 x 21) (0 X 20) 8 4 2 0 14 Sekarang kita balik con este grupo de amigos Darimana kita dapatkan angka desimal 14 (10) menjadi angka biner 1110 (2) Mari kita telusuri perlahan-lahan 183 Pertama sekali, kita jumlahkan angka pada desimal sehingga menjadi 14. anda lihat angka-angka yang menghasilkan angka 14 adalah 8, 4, dan 2 183 Unguk angka-angka yang membentuk angka 14 (lihat angka yang diarsir), diberi tanda biner 822018221, selebihnya diberi tanda 822008221. 183 Sehingga kalau dibaca dari kanan , Angka desimal 14 akan menjadi 00001110 (terkadang dibaca 1110) pada angka biner nya. Nota: 183 Angka desimal 205 didapat dj penjumlahan angka yang di arsir (12864841) 183 Setiap biner yang bertanda 822018221 akan dihitung, sementara biner yang bertanda 822008221 tidak dihitung, alias 822008221 juga. Mengubah Angka Desimal ke Biner Unguia mengubah angka desimal menjadi angka biner digunakan metodo pembagian dengan angka 2 sambil memperhatikan sisanya. Perhatikan contohnya 1. 205 (10) 205. 2 102 sisa 1 102. 2 51 sisa 0 51. 2 25 sisa 1 25. 2 12 sisa 1 12. 2 6 sisa 0 6. 2 3 sisa 0 3. 2 1 sisa 1 1 sebagai sisa akhir 822018221 Nota: Untuk menuliskan notasi binernya, pembacaan dilakukan dari bawah yang berarti 11001101 (2) 2. 60 (10) 60. 2 30 sisa 0 30. 2 15 sisa 0 15. 2 7 sisa 1 7. 2 3 Sisa 1 3. 2 1 sisa 1 1 sebagai sisa akhir 822018221 Nota: Dibaca dari bawah menjadi 111100 (2) atau lazimnya dituliskan dengan 00111100 (2). Ingat bentuk umumnnya mengacu untuk 8 dígitos Kalau 111100 (ini 6 dígitos) menjadi 00111100 (ini sudah 8 dígitos). Aritmatika Biner Pada bagian ini akan membhas penjumlahan dan pengurangan biner. Perkalian biner adalah pengulangan dari penjumlahan dan juga akan memorias pengurangan biner berdasarkan ide atau gagasan komplemen. Penjumlahan Biner Penjumlahan biner tidak begitu beda jauh dengan penjumlahan desimal. Perhatikan contoh penjumlahan desimal antara 167 de 235 1 7 5 12, tulis 822028221 di bawah dan angkat 822018221 ke atas 167 235 ----- 402 Seperti bilangan desimal, bilangan biner juga dijumlahkan dengan cara yang sama. Pertama-tama yang harus dicermati adalah aturan pasangan dígito 0 0 0 1 1 1 1 0 dan menyimpan 1 sebagai catatan bahwa jumlah dua yang terakhir 1 1 1 Dengan menyimpan 1 Dengan hanya menggunakan penjumlahan-penjumlahan di atas, Kita dapat melakukan penjumlaan biner seperti diceunjukkan di bawah ini: 1 1111 8220simpanan 18221 ingat kembali aturan di atas 01011011 bilangan biner untuk 91 01001110 bilangan biner untuk 78 ------------ 10101001 Jumlah dari 91 78 169 Silahkan pelajari Aturan-aturan pasangan el dígito binario yang el diseño de los atas Contoh penjumlahan biner yang terdiri 5 bilangan 11101 bilangan 1) 10110 bilangan 2) 1100 bilangan 3) 11011 bilangan 4) 1001 bilangan 5) -------- untuk menjumlahkannya, Kita hitung berksarkan aturan yang berlaku, dan untuk lebih mudahnya perhitungan dilakukan berthaap Berapakah bilangan desimal untuk bilangan 1,2,3,4 dan 5. 11101 bilangan 1) 10110 bilangan 2) ------- 110011 1100 bilangan 3) - ------ 111111 11011 bilangan 4) ------- 011010 1001 bilangan 5) ------- 1100011 Jumlah Akhir. Sekarang coba tentukan biloba 1,2,3,4 dan 5 Apakah memang perhitungan di atas sudah benar Pengurangan Biner Pengurangan bilangan desimal 73426 8211 9185 akan menghasilkan: 73426 lihat Angka 7 dan angka 4 dikurangi dengan 1 9185 cifras desimal pengurang. --------- - 64241 Hasil pengurangan akhir. 0 8211 0 0 1 8211 0 0 1 8211 1 0 0 8211 1 1 dengan meminjam 821618217 por un dígito disebelah kirinya Untuk pengurangan biner dapat dilakukan dengan cara yang sama. Coba perhatikan bentuk pengurangan berikut: 1111011 desimal 123 101001 desimal 41 --------- - 1010010 desimal 82 Pada con toh de atas tidak terjadi 8220konsep peminjaman8221. Perhatikan contoh berikut 0 0 kolom ke-3 sudah menjadi 821608217, sudah dipinjam 111101 desimal 61 10010 desimal 18 ------------ - 101011 Hasil pengurangan akhir 43. Pada soal yang kedua ini kita pinjam 821618217 Disponible en suscripción Disponible vía créditos karena ada selisih 0-1 pada kolom ke-2. Lihat Bentuk Umum 7999 hasil pinjaman 800046 397261 --------- - 402705 Sebagai con el pengurangan bilangan biner 110001 8211 1010 akan diperoleh hasil sebagai berikut: Komplemen Salah satu metoda yang dipergunakan dalam pengurangan pada komputer yang ditransformasikan menjadi penjumlahan dengan menggunakan minusradiks -komplemen satu atau komplemen radiks. Pertama-tama kita bahas komplemen de dalam sistem desimal, dimana komplemen-komplemen tersebut secara berurutan disebut dengan komplemen sembilan dan komplemen sepuluh (komplemen di dalam system biner disebut dengan komplemen satu dan komplemen dua). Sekarang yang paling penting adalá menanamkan prinsip ini: 8220Domplemen sembilan dari bilangan desimal diperoleh dengan mengurangkan masing-masing dígito desimal tersebut bilangan 9, sedangkan komplemen sepuluh adalah komplemen sembilan ditambah 18221 Lihat contoh nyatanya Bilangan Desimal 123 651 914 Komplemen Sembilan 876 348 085 Komplemen Sepuluh 877 349 086 diceambah dengan 1 Perhatikan hubungan diantara bilangán dan komplemennya adalah simetris. (189, 279, 369) Sementara komplemen 10 didapat dengan menambahkan 1 pada komplemen 9, berarti 8761877 Pengurangan desimal dapat dilaksanakan dengan penjumlahan komplemen sembilan plus satu, (Pág. 10) ---- - ---- ---- 572 1571 1572 1 ---- 572 angka 1 dihilangkan Análogo yang bisa diambil Dari perhitungan komplemen di atas adalah, komplemen satu dari bilangan biner diperoleh dengan jalan mengurangkan masing-masing dígito biner tersebut ke bilangan 1, atau dengan bahasa sederhananya mengubah masing-masing 0 menjadi 1 atau sebaliknya mengubah masing masing 1 menjadi 0. Sedangkan komplemen dua Adalah satu más satu. Perhatikan Contoh. Bilangan Biner 110011 101010 011100 Komplemen Satu 001100 010101 100011 Komplemen Dua 001101 010110 100100 Pengurangan biner 110001 8211 1010 akan kita telaada con conexión a bawah ini 110001 110001 001010 110101 110110 --------- ------ --- --------- 100111 100111 1100111 dihilangkan Alasan teoría mengapa cara komplemen ini dilakukan, dapat dijelaskan dengan memperhatikan sebuah velocímetro movil / motor dengan empat dígito sedán membaca nol Sistem Oktal de Heksa Desimal Bilangan okal adalah bilangan dasar 8 , Sedangkan bilangan heksadesimal, atau, sering, disingkat, menjadi, heks. Ini adalah bilangan berbasis 16. En este momento, no hay ningun comentario para este artista merupakan pangkat dari dua, maka měska memiliki hubungan yang sangr erat. Oktal dan heksadesimal berkaitan dengan prinsip biner 1. Ubahlah bilangan oktal 63058 menjadi bilangan biner 6 3 0 5 oktal 110 011 000 101 biner Nota: 183 Masing-masing dígito oktal diganti dengan ekivalens 3 bit (biner) 183 Untuk lebih jelasnya lihat tabel Dígito Oktal Di bawah 2. Ubahlah bilangan heks 5D9316 menjadi bilangan biner heks biner 5 0101 D 1101 9 1001 3 0011 Nota: 183 Jadi bilangan biner untuk heks 5D9316 adalah 0101110110010011 183 Untuk lebih jelasnya lihat tabel Dígito Heksadesimal di bawah 3. Ubahlah bilangan biner 1010100001101 menjadi bilangan Oktal 001 010 100 001 101 biner 3 2 4 1 5 oktal Nota: 183 Kelompokkan bilangan biner yang bersangkutan menjadi 3-bit mulai dari kanan 4. Ubahlah bilangan biner 101101011011001011 menjadi bilangan heks 0010 1101 0110 1100 1011 biner 2 D 6 CB heks Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal y Heksadesimal Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal y Heksadesimal. Bilangan desalmada adalaya bilangan yang menggunakan 10 angka mulai 0 sampai 9 berturut2. Setelah angka 9, maka angka berikutnia adalah 10, 11, 12 dan seterusnya. Bilangan desimal disebut juga bilangan berbasis 10. Contoh penulisan bilangan desimal. 1710. Ingat, desimal berbasis 10, maka angka 10-lah yang menjadi subíndice pada penulisan bilangan desimal. Bilangan bang adalah bilangan yang hanya menggunakan 2 angka, yaitu 0 dan 1. Bilangan biner juga bilangean berbasis 2. Setiap bilangan panda bilangan biner disebut poco, dimana 1 byte 8 bit. Contoh penulisan. 1101112 Bilangan oktal adalá bilangan berbasis 8, yang menggunakan angka 0 sampai 7. Contoh penulisan. 178 Bilangan heksadesimal, atau bilangan heksa, atau bilangan base 16, menggunakan 16 buah simbol, mulai dari 0 sampai 9, kemudian dilanjut dari Un sampai F. Jadi, angka Un sampai F de merupakan simbol untuk 10 sampai 15. Contohpenulisan. C516 langsung saja ambil sebuah contoh bilangan desimal yang akan dikonversi ke biner. Setelah itu, akan saya, lakukan, konversi, masing2 bilangan desimal, biner, oktalia heksadesimal. Misalcan bilangan desimal yang ingin saya konversi adalah 2510. Maka langkah yang dilakukan adalah membagi tahap demi tahap angka 2510 tiger 2, seperti berikut: 25 2 12,5 Jawaban di atas memang, tapi bukan tahapan yang kita inginkan. Tahapan yang tepat untuk melakukan proses konversi ini sebagai berikut: 25 2 12 sisa 1. 82128211 Sampai disini masih mengerti en kan Langkah selanjutnya adalah membagi angka 12 tersebut dengan 2 lagi. Hasilnya sebagai berikut: 12. 2 6 sisa 0. 82128211 Ingat, selalu tulis sisanya. Proses tersebut dilanjutkan sampai angka yang hendak dibagi adalah 0, sebagai berikut: 25. 2 12 sisa 1. 12. 2 6 sisa 0. 6. 2 3 sisa 0. 3. 2 1 sisa 1. 1. 2 0 sisa 1. 0 2 0 sisa 08230. (fin) Nah, setelah didapat perhitungan tadi, pertanyaan berikutnya adalah, hasil konversinya yang mana Ya, hasil konversinya adalá urutan seluruh sisa-sisa perhitungan telah diperoleh, dimulai dari bawah ke atas. Maka hasilnya adalah 0110012. Ángeles 0 puntos de vista horarios, sehingga hasilnya menjadi 110012. Sip Lanjut8230..sekarang saya akan menjelaskan konversi bilangan desimal ke oktal. Proses konversinya mirip dengan proses konversi desimal ke biner, hanya saja kali ini pembaginya adala 8. Misalcan angka yangingin saya konversi adalah 3310. Maka: 33. 8 4 sisa 1. 4. 8 0 sisa 4. 0. 8 0 sisa 08230. (Final) Hasilnya Coba tebak8230418. Sekarang tiba waktunya untuk mengajarkan proses konversi desimalio ke heksadesimal8230 Seperti biasa, langsung saja ke contoh. Hehe8230 Misalcan bilangan desimal yang ingin saya ubah adalah 24310. Untuk menghitung proses konversinya, caranya sama saja dengan proses konversi desimal ke biner, hanya saja kali en angka pembaginya adalah 16. Maka: 243. 16 15 sisa 3. 15. 16 0 sisa F 8212- ingat, 15 diganti jadi F .. 0 16 0 sisa 08230. (fin) Nah, maka hasil konversinya adalah F316. Mudah, Bukan 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212- Fiuh..Lanjut lagi8230 Sekarang kita beralih ke ke konversi bilangan mosquetón desimal. Proses konversi bilangan biner ke bilangan desimal adalá proses perkalian setiap poco pada bilangan biner dengan perpangkatan 2, dimana perpangkatan 2 tersebut berurut dari kanan ke kiri poco bernilai 20 sampai 2n. Langsung saja saya ambil contoh bilangan yang merupakan hasil perhitungan di atas, yaitu 110012. Misalcan bilangan tersebut saya ubah posisinya mulai dari kanan ke kiri menjadi seperti ini. 1 1 1 Nah, saatnya mengalikan setiap bit dengan perpangkatan 2. Ingat, perpangkatan 2 tersebut berurut mulai dari 20 sampai 2n, untuk setiap poco mulai dari kanan ke kiri. Maka: 1 82128212 1 x 20 1 0 82128212 0 x 21 0 0 82128212 0 x 22 0 1 82128212 1 x 23 8 1 82128212 1 x 24 16 8212 perhatikan nilai perpangkatan nya semakin ke bawah semakin besar Maka hasilnya adalah 1 0 0 8 16 2510. No, bandingkan hasil ini dengan angka desimal yang saya ubah ke biner di awal tadi. Bukan sama 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212- Sudah ini, UIT sudah, sekarang8230.nah, konversi bilangan mosquetón ke Oktal. Hehe8230siap Un poco de color naranja y violeta de color naranja de color naranja de color naranja de color naranja de color naranja. Maka jika kita memiliki bilangan biner 1101112 yang ingin dikonversi ke bilangan oktal, langkah pertama yang kita lakukan adalah memilah-milah bilangan biner tersebut, setiap bagian 3 bit, mulai dari kanan ke kiri, sehingga menjadi seperti berikut: 110 dan 111 Sengaja saya buat agak Berjarak, supaya lebih mudah dimengerti. Nah, setelah dilakukan proses pemilah2an seperti ini, dilakukan proses konversi desimal terlebih dahulu secara terpisah. 110 dikonversi menjadi 6, dan 111 dikonversi menjadi 7. Hasilnya kemudian digabungkan, menjadi 678, yang merupakan bilangan oktal dari 11011128230 8220Tapi, itu kan kebetulan bilangan binernya pas 6 bit. Jadi dipilah2 3 pun masih pas. Gimana kalau bilangan binernya, contohnya, 5 bit8221 Hehe8230Gampang..Contohnya 110012. 5 bit kan Sebenarnya pemilah2an de itu dimulai dari kanan ke kiri. Jadi hasilnya 11 dan 001. Ini kan sebenarnya sudah bisa masing2 diubá ke dalam bentuk desimal. Tapi kalau mau menambah, kenyamanan di mata, también conocido como aka 1 angka 0 di depannya. Jadi 0110012. Tidak akan merubah hasil perhitungan kok. Tinggal dipilah2 seperti tadi. OKeh 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212- Selanjutnya adalah konversi bilangan mosquetón heksadesimal ke. Hmm8230sebagai contoh, misalnya saya ingin ubah 111000102 Esta imagen está disponible para uso comercial. Proses konversinya juga tidak begitu rumit, hanya tinggal memilahkan bit2 tersebut menjadi kelompok2 4 bit. Pemilahan dimulai dari kanan ke kiri, sehingga hasilnya sbb: 1110 dan 0010 Nah, coba lihat bit2 tersebut. Konversilah bit2 tersebut ke desimal terlebih dahulu satu persatu, sehingga didapat: 1110 14 dan 0010 2 Nah, ingat kalau 14 itu dilambangkan apa di heksadesimal Ya, 14 dilankang denan E16. Dengan demikian, hasil konversinya adalah E216. Seperti tadi juga, gimana kalau bilangan binernya tidak berjumlah de 8 bits Contohnya 1101012 Yaa8230Seperti tadi juga, tambahin aja 0 de depannya. Tidak akan miembro pengaruh apa2 kok ke hasilnya. Jadi setelah ditambah menjadi 001101012. Selanjutnya, sudah gampang kan 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212- Selanjutnya, konversi bilangan oktal ke desimal. Hal ini tidak terlalu sulit. Tinggal kalikan saja setiap bilangan dengan perpangkatan 8. Contoh, bilangan Oktal yang Akan adalah dikonversi 718. Maka susunannya saya buat menjadi demikian: 1 7 dan proses perkaliannya SBB: 1 x 80 7 1 81 x 56 Maka hasilnya adalah penjumlahan 1 56 5710. 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212 - Aquí está el resumen de las calificaciones que se han producido. Hehe .. Langsung ke contoh. Miscalan saya ingin mengubah bilangan oktal 578 ke biner. Maka langkah yang saya lakukan adalá melakukan proses konversi setiap bilangan tersebut masing2 ke 3 bit bilangan biner. Nah, angka 5 jika dikonversi de ke biner menjadi8230. 1012. Sip. Nah, 7, jikka dikonversi ke biner menjadi8230 1112. Mantap. Maka hasilnya adalah 1011112 Traducción automática limitada:: Jamin benar deh8230. 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212- Hmm8230berarti8230sekarang giliran konversi Oktal ke heksadesimal. Untuk konversi oktal ke heksadesimal, kita akan membutuhkan perantara, yantu bilangan biner. Maksudnya Maksudnya adalá kita konversi dulu oktal ke biner, lalu konversikan nilai biner tersebut ke nilai heksadesimalnya. Nah, baik yang konversi ok, ke biner, maupun, biner, ke, heksadesimal, kan, udah, dijelaskan. Coba buktikan, bahwa bilangan oktal 728 dikonversi ke heksadesimal menjadi 3A16. Bisa kan bisa dong8230 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212- Selanjutnya adalah konversi bilangan heksadesimal ke desimal. Untuk proses konversi ini, caranya sama saja dengan proses konversi biner ke desimal, hanya saja kali ini perpangkatan yang digunakan adalah perpangkatan 16, bukan perpangkatan 2. Concha de mariscos, pan de jengibre y pan de jengibre con pan de jengibre C816 ke bilangan desimal. Maka saya ubah dulu susunan bilangan heksa tersebut, mulay dari kanan ke kiri, seingga menjadi sebagai berikut: 8 C dan kemudian dilakukan props perkalian dengan pergangkatan 16, sebagai berikut: 8 x 160 8 C x 161 192 82128212 ingat, C16 merupakan lambang dari 1210 Maka diperolehlah hasil konversinya bernilai 8 192 2002. 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212- Tutorial de berikutnya, de color rosa heksadesimal. Dalam proses konversi heksadesimal ke biner, setiap simbol dalam heksadesimal mewakili 4 bit dari biner. Misalnya saya ingin melakukan promesas bilaterales heksa B716 ke bilangan biner. Maka Setiap simbol di simbiose heksa tersebut saya konversi terpisah ke biner. Ingat, B16 merupakan simbol Untuk Angka desimal 1110. No, desimal 1110 jika dikonversi ke mosquetón menjadi 10112, desimal sedangkan 710 jika dikonversi ke mosquetón menjadi 01112. Maka bilangan binernya adalah 101101112, atau kalau dibuat ilustrasinya seperti berikut ini: B 7 8212- bentuk Heksa 11 7 8212- bentuk desimal 1011 0111 8212- bentuk mosquetón Hasilnya disatukan, sehingga menjadi 101101112. Entendido 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212- Por último, pero no menos importante, heksadesimal konversi ke Oktal. Nah, sama seperti konversi oktalk heksadesimal, kita membutuhkan bantuan bilangan biner. Lakukan tiene la lengua de la lengua konversi heksadesimal ke biner, lalu konversikan nilai biner tersebut ke oktal. Sebagai latihan, buktikan bahwa nilai heksadesimal E716 de jika dikonversi ke oktal menjadi 3478. Hehe8230Kamu bisa. Sumber Stmik-mic.ac.id/blog//blog1.php/2008/12/12/konversi-bilangan-biner-octal-desimal-aa wiLL LoVe iT pHositiVe Pensando en adJaH8230n geT QUÉ PUEDE HACER Pengumpan: Tulisan Komentar Bilangan Biner Maret 4 (10 x 10) (7 x 1) (5 x 10) (7 x 1) Perdido en el desierto de desierto de desierto en el desierto de desierto de la selva 10. Hal ini dikarenakan perpangkatan 10 yang didapat Dari 100, 101, 102, dst. Leer más Mengenal Konsep Bilangan Biner dan Desimal Perbedaan mendasar dari metoda biner dan desimal adalah berkenaan dengan base. Jika desimal berbasis 10 (X10) 10x de la berlina de la muñeca de la mostaza de la mostaza 2x (2). Sederhananya perhatikan contoh di bawah ini Untuk Desimal: 14 (10) (1 x 101) (4 x 100) 10 4 14 Untuk Biner: 1110 (2) (1 x 23) (1 x 21) (0 X 20) 8 4 2 0 14 Desemal 128 64 32 16 8 4 2 1 255 Pangkat 27 26 25 24 23 22 21 20 X1-7 1 1 1 1 1 1 1 1 1 11 11111111 Sekarang kita balik con este grupo de amigos Darimana kita dapatkan angka desimal 14 (10) menjadi angka biner 1110 (2) Mari kita lihat lagi pada bentuk umumnya Biner 0 0 0 0 1 1 1 0 00001110 Desimal 0 0 0 0 8 4 2 0 14 Pangkat 27 26 25 24 23 22 21 20 X1-7 Mari kita telusuri perlahan-lahan 183 Pertama sekali, kita jumlahkan angka pada desimal sehingga menjadi 14. anda lihat angka-angka yang menghasilkan angka 14 adalah 8, 4, dan 2 Untuk Angka-angka yang membentuk angka 14 (lihat angka yang diarsir), diberi tanda biner 822018221, selebihnya diberi tanda 822008221. Panda angka biner nya. Mengubah Angka Biner ke Desimal Perhatikan contoh 1. 11001101 (2) Biner 1 1 0 0 1 1 0 1 11001101 Desimal 128 64 0 0 8 4 0 1 205 Pangkat 27 26 25 24 23 22 21 20 X1-7 Nota: Angka desimal 205 (12864841) Otros artículos de escritorio, Botellas y tazas de té 822018221 akan dihitung, sementara biner yang bertanda 822008221 tidak dihitung, alias 822008221 juga. 2. 00111100 (2) Biner 0 0 1 1 1 1 0 0 00111100 0 0 0 32 16 8 4 0 0 60 Pangkat 27 26 25 24 23 22 21 20 X1-7 Mengubah Angka Desimal ke Biner Untuk mengubah angka desimal menjadi angka biner Digunakan metode pembagiano dengan angka 2 sambil memperhatikan sisanya. Perhatikan contohnya 1 205 (10) 205. 2 102 sisa 1 102. 2 51 sisa 0 51. 2 25 sisa 1 25. 2 12 sisa 1 12. 2 6 sisa 0 6. 2 3 sisa 0 3. 2 1 sisa 1 1 sebagai sisa akhir 822018221 Nota: Untuk menuliskan notasi binernya, pembacaan dilakukan dari bawah yang berarti 11001101 (2) 2. 60 (10) 60. 2 30 sisa 0 30. 2 15 sisa 0 15. 2 7 sisa 1 7. 2 3 Sisa 1 3. 2 1 sisa 1 1 sebagai sisa akhir 822018221 Nota: Dibaca dari bawah menjadi 111100 (2) atau lazimnya dituliskan dengan 00111100 (2). Ingat bentuk umumnnya mengacu untuk 8 dígitos Kalau 111100 (ini 6 dígitos) menjadi 00111100 (ini sudah 8 dígitos). Aritmatika Biner Pada bagian ini akan membhas penjumlahan dan pengurangan biner. Perkalian biner adalah pengulangan dari penjumlahan dan juga akan memorias pengurangan biner berdasarkan ide atau gagasan komplemen. Penjumlahan Biner Penjumlahan biner tidak begitu beda jauh dengan penjumlahan desimal. Perhatikan contoh penjumlahan desimalación antara 167 de 235 1 7 5 12, tulis 822028221 de bawah dan angkat 822018221 Traducido del inglés automáticamente para su archivo original / Stock illustration libre de derechos 167 235 8212- 402 Seabrillan bilangan desimal, bilangan biner jugan dijumlahkan dengan cara yang sama. Pertama-tama yang harus dicermati adalah aturan pasangan dígito 0 0 0 1 1 1 1 0 dan menyimpan 1 sebagai catatan bahwa jumlah dua yang terakhir 1 1 1 Dengan menyimpan 1 Dengan hanya menggunakan penjumlahan-penjumlahan di atas, Kita de Dapat melakukan penjumlahan mosquetón seperti ditunjukkan di Bawah ini: 1 1111 8220simpanan 18221 ingat kembali atur di atas 01011011 bilangan mosquetón Untuk 91 mosquetón 01001110 bilangan Untuk 78 8212821282128212 10101001 Jumlah dari 91 78 169 Silahkan pelajari atur-atur Biner dígitos pasangan yang telah disebutkan di atas Contoh penjumlahan mosquetón yang terdiri dari 5 bilangan 11101 bilangan 1) 10110 bilangan 2) 1100 bilangan 3) 11011 bilangan 4) 1001 bilangan 5) 821282128211 menjumlahkannya Untuk, Kita hitung berdasarkan atur yang berlaku, dan Untuk Lebih mudahnya perhitungan dilakukan bertahap 11101 bilangan 1) 10110 bilangan 2) 82128212 - 110011 1100 bilangan 3) 82128212 - 111111 11011 bilangan 4) 82128212 - 011010 1001 bilangan 5) 82128212 - 1100011 Jumlah Akhir. Sekarang coba tentukan biloba 1,2,3,4 dan 5 Apakah memang perhitungan di atas sudah benar Pengurangan Biner Pengurangan bilangan desimal 73426 8211 9185 akan menghasilkan: 73426 lihat Angka 7 dan angka 4 dikurangi dengan 1 9185 cifras desimal pengurang. Identificador de la imagen: 821282128212 - 64241 Hasil pengurangan akhir. 0 8211 0 0 1 8211 0 0 1 8211 1 0 0 8211 1 1 dengan meminjam 821618217 por un dígito disebelah kirinya Untuk pengurangan biner dapat dilakukan dengan cara yang sama. Coba perhatikan bentuk pengurangan berikut: 1111011 desimal 123 101001 desimal 41 821282128212 - 1010010 desimal 82 Pada con el nombre de atas tidak terjadi 8220konsep peminjaman8221. Perhatikan contoh berikut 0 kolom ke-3 sudah menjadi 821608217, sudah dipinjam 111101 desimal 61 10010 desimal 18 8212821282128212 - 101011 Hasil pengurangan akhir 43. Pada soal yang kedua ini kita pinjam 821618217 Disponible en suscripción Disponible vía créditos karena ada selisih 0-1 pada kolom ke-2. Lihat Bentuk Umum 7999 pinjaman hasil 800046 397261 821282128212 - 402705 Sebagai Contoh pengurangan bilangan mosquetón 110001 8211 1010 diperoleh Akan hasil sebagai berikut: 1100101 1010 821282128212- - 100111 Komplemen Salah satu metoda yang dipergunakan dentro pengurangan pada komputer yang ditransformasikan menjadi penjumlahan dengan menggunakan minusradiks-komplemen Satu atau komplemen radiks Pertama-tama kita bahas komplemen de dalam sistem desimal, dimana komplemen-komplemen tersebut secara berurutan disebut dengan komplemen sembilan dan komplemen sepuluh (komplemen di dalam system biner disebut dengan komplemen satu dan komplemen dua). Sekarang yang palidez penting adalah menanamkan prinsip ini: 8220Komplemen sembilan dari bilangan desimal diperoleh dengan mengurangkan Masing-Masing dígitos desimal tersebut ke bilangan 9, sedangkan komplemen Sepuluh adalah komplemen ditambah sembilan 18221 Lihat Contoh nyatanya Bilangan Desimal 123 651 914 Komplemen Sembilan 876 348 085 Komplemen Sepuluh 877 349 086 diceambah dengan 1 Perhatikan hubungan diantara bilangán dan komplemennya adalah simetris. Jadi, dengan memperhatikan Contoh di atas, komplemen 9 dari 123 876 adalah dengan jumlahnya sencilla menjadikan 9 (189, 279. 369) Sementara komplemen 10 didapat dengan menambahkan 1 pada komplemen 9, berarti 8761877 Pengurangan desimal de Dapat dilaksanakan dengan penjumlahan komplemen sembilan más satu, (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) (1) Satu dari bilangan biner diperoleh dengan jalan mengurangkan masing-masing dígito biner tersebut ke bilangan 1, atau dengan bahasa sederhananya mengubah masing-masing 0 menjadi 1 atau sebaliknya mengubah masing-masing 1 menjadi 0. Sedangkan komplemen dua adalah satu plus satu. Perhatikan Contoh. Bilangan Biner 110011 101010 011100 Compuesto Satu 001100 010101 100011 Compuesto Dua 001101 010110 100100 Pengurangan biner 110001 8211 1010 akan kita tela de contacto con bawah ini 110001 110001 001010 110101 110110 821282128212 8211 821282128212 821282128212 100111 100111 1100111 dihilangkan Alasan teorias mengapa cara komplemen ini dilakukan, Dapat dijelaskan dengan memperhatikan sebuah velocímetro movil / motora dengan empat dígito sedán membaca nol Sistem Oktal dan Heksa Desimal Bilangan okalad bilarsan 8, sedangkan bilangan heksadesimal atau sering disingkat menjadi heks. Ini adalah bilangan berbasis 16. En este momento, no hay ningun comentario. Oktal dan heksadesimal berkaitan dengan prinsip biner 1. Ubahlah bilangan oktal 63058 menjadi bilangan biner 6 3 0 5 oktal 110 011 000 101 biner Nota: 183 Masing-masing dígito oktal diganti dengan ekivalens 3 bit (biner) 183 Untuk lebih jelasnya lihat tabel Dígito Oktal di Bawah 2. Ubahlah bilangan heks 5D9316 menjadi bilangan mosquetón heks mosquetón 5 D 0101 1101 9 1001 0011 3 Nota: Jadi bilangan Biner heks Untuk 5D9316 Adalah 0101110110010011 Untuk Lebih jelasnya Lihat Se puede reservar dígito Heksadesimal di Bawah 3. Ubahlah bilangan mosquetón 1010100001101 menjadi bilangan Oktal 001 010 100 001 101 biner 3 2 4 1 5 oktal Nota: Kelompokkan bilangan biner yang bersangkutan menjadi 3 bits mulai dari kanan 4. Ubahlah bilangan biner 101101011011001011 menjadi bilangan heks 0010 1101 0110 1100 1011 biner 2 D 6 CB Heks Tabel Dígito Oktal Dígito Oktal Ekivalens 3-Bit 0 000 1 001 2 010 3 011 4 100 5 101 6 110 7 111 Tabel Dígito Heksadesimal Dígito Desimal Ekivalens 4-Bit 0 0000 1 0001 2 0010 3 0011 4 0100 5 0101 6 0110 7 0111 8 1000 9 1001 A (10) 1010 B (11) 1011 C (12) 1100 D (13) 1101 E (14) 1110 F (15) 1111 0,000000 0,000000 Ditulis dalam Mata Kuliah Belum Ada Tanggapan Comentarios RSS Tinggalkan Balasan Klik di sini untuk membatalkan balasan. Nama (wajib) Correo electrónico (wajib) Situs web komputer hanya mengenali bilangan biner Mar 30, 08 12:38 PMfor everyone Categoría: Libros Género: Profesional amp Técnico Autor: KOMPUTER N BINER Datos de mengolah yang ada adalah secara digital, melalui sinyal Listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu en atau apagado, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus en atau off inilah yang yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal, baik dalam mengenalkan huruf, gambar, suara, bahkan película-película menarik yang anda tonton dalam formato digital.Karena komputer hanya mengerti 0 dan 1 (bego ya), atau Bilangan biner maka máscara de subred máscara de bentuk menggunakan bilangan biner. Máscara de subred máscara de subnet de 4 bytes de karena 1 byte de 8 bits, máscara de subred de maka máscara de subnet de 32 bit.beginilah máscara de subred de bentuk máscara de subred de yang de baca máscara 11111111.11111111.11111111.11111111, karena manusia akan repot jika membaca biner, akhirnya komputer meng- Conversi-nya ke bilangan desimal ketika akan di tampilkan usuario ke (kita-kita nih), buka kalkulator ciencia jadi hasil bilangan biner yang di atas setelah kita conversi-kan ke desimal adalah 255.255.255.255 (gampang bukan, emang gampang untuk conversi biner ke desimal dengan menggunakan Kalkulator) .Anda bisa dengan mudah menconversi mosquetón ke desimal atau sebaliknyaa dengan menggunakan Kalkulator sciencetific, bila terlalu Mahal Untuk membelinya, JIKA Anda Pengguna ventanas, Anda bisa di mendapatkannya comienzan menu8212 programas accessories8212calculator 8212, di calculadora Anda menú Selecciona vista Lalu pilihlah Sciencetific.Bilangan Biner (binario), yaitu bilangan base 2, sehingga nilai yang dikenal hanya 0 dan 1. Contoh. 101biner bernilai sama dengan 5desimal, sebab 101biner 1 x 20 0 x 21 1 x 22 atau 5desimal. Operasi matematis lainnya sama dengan bilangan desimal, hanya di sini bilangan yang digunakan adalah base 2.Bilangan Oktal (octal), yantu bilangan base 8, sehingga nilai yang dikenal hanya 0 s / d 7. Contoh. 072octal (prefijo 0 digunakan pada bahasa pemrograman C) bernilai sama dengan 58desimal, sebab 072octal 2 x 80 7 x 81 atau 58desimal. Operasi matematis lainnya sama dengan bilangan desimal, hanya di sini bilangan yang digunakan adalah basis 8.Bilangan Heksadesimal (Hexadecimal), yaitu bilangan basis 16, sehingga nilai yang dikenal hanya 0 s/d 9 dan huruf A s/d F melambangkan 10desimal s/d 15 desimal. Contoh. 0x72hexadecimal (prefix 0x digunakan pada bahasa pemrograman C) bernilai sama dengan 114desimal, sebab 0x72hexadecimal 2 x 160 7 x 161 atau 114desimal. Operasi matematis lainnya sama dengan bilangan desimal, hanya di sini bilangan yang digunakan adalah basis 16. Ada satu hal yang perlu anda perhatikan, yaitu konversi dari bilangan biner ke hexadecimal adalah suatu operasi yang agak natural, sebab anda tinggal memecah bilangan hexadecimal tersebut menjadi elemen-elemennya kemudian setiap elemen direpresentasikan dengan 4 bilangan biner, maka anda telah memperoleh bilangan biner yang bernilai sama dengan bilangan hexadecimal tersebut. Contoh: 0xA2 . biner, solusi: pertama pecah menjadi elemennya. kita peroleh A dan 2. A jika direpresentasikan dalam 4 angka biner adalah 1010 (10desimal) dan 2 jika direpresentasikan dalam 4 angka biner adalah 0010 sehingga kita peroleh 0xA2 1010 0010 biner. Kemudahan operasi ini akan membantu anda saat berurusan dengan pemrograman yang mengolah informasi bilangan biner, jadi sangat perlu untuk dipahami. ategory: Books Genre: Professional amp Technical Author: DASAR PEMROGRAMAN C N ASSEMBLY Bagian ini diperuntukkan bagi semua pembaca yang masih belum mengetahui pemrograman sama sekali atau yang sudah tahu tetapi ingin menyegarkan kembali ingatannya (refresh). Kita akan memulai dengan sistem bilangan yang digunakan pada komputer. Komputer hanya mengenal nilai 0 dan 1, oleh karena itu digunakanlah beberapa sistem bilangan untuk mempermudah. Sistem bilangan tersebut antara lain. Baca Komputer 1Pemrograman atau programming secara umum dilakukan untuk membuat sekumpulan instruksi yang dapat dieksekusi (dijalankan) pada komputer. Jadi, instruksi-instruksi yang dapat dijalankan (executable) tersebut merupakan hasil akhir yang kita inginkan. Kumpulan instruksi-instruksi itulah yang disebut software. Instruksi yang dihasilkan biasanya hanya dapat dieksekusi pada satu arsitektur komputer. Instruksi yang dimaksud adalah machine code atau bahasa mesin, bahasa mesin ini tidak lebih dari kumpulan bit-bit 0 dan 1 yang dapat dipahami oleh sebuah komputer. Perbedaan satu arsitektur komputer (misalnya x861) dengan arsitektur lain (misalnya Sparc2) adalah bagaimana bit-bit tersebut diorganisasikan, hal inilah yang menyebabkan machine code untuk satu macam arsitektur tidak dapat dieksekusi pada arsitektur yang lain. Prosesnya kira-kira seperti ini:Pembuatan Machine Code -- Machine Code -- Eksekusi pada KomputerTeknik pemrograman merupakan teknik yang digunakan untuk menghasilkan kumpulan machine code tadi. Ketika komputer digital pertama kali muncul (komputer ENIAC), untuk membuat program, orang harus langsung memasukkan bit-bit machine code tadi ke dalam komputer melalui pengaturan saklar-saklar dan punch cards (kartu yang dilubangi). Perkembangan selanjutnya adalah orang tidak perlu lagi pusing dengan bit-bit program yang sangat mudah salah (sebab anda langsung bekerja dengan angka 0 dan 1 dalam jumlah yang sangat besar), muncul lah apa yang disebut assembler, yaitu program yang dapat mengubah token-token (potongan kata-kata tertentu yang dapat dipahami oleh assembler) sederhana menjadi machine code. Karena adanya assembler, orang mulai mengenal apa yang dinamakan bahasa assembly, yaitu bahasa yang menggunakan token-token yang dapat dikenali oleh assembler, jadi bahasa assembly satu level lebih maju dibanding bahasa mesin atau machine code. Sejak saat inilah orang mulai mengenal apa yang dikatakan source code. yaitu bentuk program yang belum diolah oleh sebuah bahasa pemrograman menjadi bentuk yang dapat dieksekusi pada komputer. Source code biasanya berbentuk file yang dapat di edit.Perlu anda ketahui, bahwa saat ini pun anda dapat memprogram dalam machine code jika anda memang benar-benar menginginkannya. Caranya mudah, anda tinggal mencari program hexeditor, misalnya Hexworkshop kemudian membuat file yang berisi machine code dalam hexadesimal (bilangan basis 16). Penulis beberapa kali melakukan hal ini karena belum mampu menggunakan assembler dengan baik (output file biner yang dihasilkan oleh assembler tidak sesuai dengan yang diharapkan). Sebenarnya jika anda membaca dan mencoba trik ke-3 pada artikel Trik Modifikasi Bios, anda telah memprogram dengan menggunakan machine code untuk microprocessor keluarga x86. Jadi, cukup mudah bukan :).Dalam tutorial ini kita akan belajar tentang assembler. Assembler pada dasarnya bekerja dengan cara mencocokkan (matching). Setiap baris perintah yang anda tulis dalam bahasa assembly akan di asosiasikan dengan satu machine code tertentu, sehingga pada assembler setiap baris perintah yang anda ketikkan akan menghasilkan satu machine code. Jadi jika anda menggunakan assembler, prosesnya akan kurang lebih seperti ini (tentang linker akan dijelaskan lebih lanjut): Sistem bilangan biner Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. cari Sistem bilangan biner atau sistem bilangan basis dua adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17. Sistem bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Dari sistem biner, kita dapat mengkonversinya ke sistem bilangan Oktal atau Hexadesimal. Sistem ini juga dapat kita sebut dengan istilah bit. atau Binary Digit. Pengelompokan biner dalam komputer selalu berjumlah 8, dengan istilah 1 Byte/bita. Dalam istilah komputer, 1 Byte 8 bit. Kode-kode rancang bangun komputer. seperti ASCII. American Standard Code for Information Interchange menggunakan sistem peng-kode-an 1 Byte. Bilangan desimal yang dinyatakan sebagai bilangan biner akan berbentuk sebagai berikut: Desimal Biner (8 bit) 0 0000 0000 1 0000 0001 2 0000 0010 3 0000 0011 4 0000 0100 5 0000 0101 6 0000 0110 7 0000 0111 8 0000 1000 9 0000 1001 10 0000 1010 11 0000 1011 12 0000 1100 13 0000 1101 14 0000 1110 15 0000 1111 16 0001 0000 201 212 224 238 2416 2532 2664 dst contoh: mengubah bilangan desimal menjadi biner desimal 10. berdasarkan referensi diatas yang mendekati bilangan 10 adalah 8 (23), selanjutnya hasil pengurangan 10-8 2 (21). sehingga dapat dijabarkan seperti berikut 10 (1 x 23) (0 x 22) (1 x 21) (0 x 20). dari perhitungan di atas bilangan biner dari 10 adalah 1010 dapat juga dengan cara lain yaitu 10. 2 5 sisa 0 (0 akan menjadi angka terakhir dalam bilangan biner), 5(hasil pembagian pertama). 2 2 sisa 1 (1 akan menjadi angka kedua terakhir dalam bilangan biner), 2(hasil pembagian kedua): 2 1 sisa 0(0 akan menjadi angka ketiga terakhir dalam bilangan biner), 1 (hasil pembagian ketiga): 2 0 sisa 1 (0 akan menjadi angka pertama dalam bilangan biner) karena hasil bagi sudah 0 atau habis, sehingga bilangan biner dari 10 1010 atau dengan cara yang singkat 10:25(0),5:22(1),2:21(0),1:20(1)sisa hasil bagi dibaca dari belakang menjadi 101 Sistem bilangan komputer 8211 Biner by Budi Handouk on 11/04/2010 183 3 comments in Seputar Teknologi Sebelum membaca artikel ini, alangkah baiknya anda membaca artikel sistem bilangan komputer 8211 Desimal. Bilangan desimal adalah bilangan yang umum kita pakai. Lalu, bagaimana komputer mengolah angka desimal jika komputer merupakan alat hitung yang hanya mengenal kondisi On/off atau True /False saja Sistem Bilangan Biner (Binary digits 8211 BITS) Seperti telah saya singgung dalam artikel awal, komputer hanya mengenal 2 kondisi, yaitu High / Low, True / False atau On / Off. Lalu untuk merepresentasikan kondisi tersebut kedalam angka, maka dipakailah angka 1 untuk kondisi ON/High dan 0 untuk kondisi OFF/Low. Angka 1 dan 0 atau bilangan biner disebut Sistem Bilangan Basis 2 atau Binary Digits (bits) karena memiliki dua simbol, 1 dan 0. Pertanyaan lalu muncul, jika hanya memiliki 2 simbol, kombinasi angka terbanyak hanya empat dung Yup bener Hanya 4 kombinasi angka yaitu 00,01,10,11. Mau dibolak-balik kek apapun ya gitulah kombinasinya. Dengan menggunakan aturan nilai posisi digit paling kanan (Right Most), kita dapat mengkonversi bilangan biner ke desimal dengan mudah. Konversi bilangan biner ke desimal dan cara menghitung nilainya Huuwwwaaa Lalu, bagaimana jika saya butuh angka 4,5,6,7 dan seterusnya Padahal maksimum kombinasi angka dalam bilangan biner 2 bits hanya bernilai 3 Hmm. Berarti kita harus mengenal sistem bilangan Octal kalu begitchu8230 Gorengan apalagi itu kakak Yee, bukan gorengan tapi asinan Heheheh. Mulai ngawur tampaknya, dilanjut lain kali aja ya. Salam. Catatan kecil: Komputer merupakan rangkaian elektronik berisi ribuan transistor yang dipadatkan dalam bentuk chip. Chip yang berisi transistor bekerja mengalirkan data berdasarkan prinsip switching On/Off yang dikendalikan tegangan High (perioda positif) dan Low (perioda negatif). Jika hal ini dilakukan dengan kecepatan tinggi, maka dihasilkan gelombang kotak (squarewave). Berdasarkan data ini, akhirnya ditemukan teknik digital, dimana seseorang dapat memanipulasi data dengan merubah-rubah kondisi On/Off pada Chip komputer. Representasi kondisi On/Off kemudian dinyatakan dengan angka 1 dan 0 untuk mewakili dan agar lebih mudah dipahami oleh orang lain. Didalam teknik digital, representasi 1 dan 0 berkembang menjadi True / False dan ditemukannya teknik logika dan logika kebenaran membuat manipulasi data dalam chip semakin mudah. Untuk lebih memudahkan orang memprogram chip tersebut, kemudian ditemukan pemrograman bahasa Assembler (bahasa mesin). Bahasa mesin (assembler) bagi sebagian orang sulit untuk diimprovisasi. Perkembangan berikutnya, ditemukan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang ditandai ditemukannya bahasa C. Dan seperti kita lihat saat ini, komputer menjadi alat hitung yang super canggih. Ya, itulah sekelumit korelasi antara bilangan biner 1 dan 0, logika True/False atau kondisi On/Off dengan komputer yang kita kenal saat ini. Mohon masukan jika ada yang kurang pas. Salam. Incoming Search Terms -bilangan biner. sistem bilangan biner. sistem bilangan. angka biner. sistem bilangan komputer. belajar bilangan biner. mengapa belajar sistem bilangan. sistembilangan biner. sistem binary komputer. sistim binary pada komputer Tagged as: biner. desimal. sistem bilanganDecimal - Binary - Hexadecimal Uploaded from Google Docs Konversi Bilangan Decimal Biner Dan Biner Ke Decimal Dalam bahasa komputer terdapat empat basis bilangan. Keempat basis bilangan itu adalah biner (basis 2), octal (basis8), desimal (basis 10) dan hexadesimal (basis 16). Keempat bilangan berbasis 2, 8, 10 dan 16 tersebut saling berkaitan satu sama lain. Nah sekarang kita perlu tahu bagaimana caranya supaya kita bisa mengkonversikan dari salah satu bilangan berbasis tadi ke bilangan berbasis lainnya. Pada artikel ini hanya saya jelaskan mengenai mengkonversi bilangan Desimal (berbasis 10) ke bilangan Biner (berbasis 2) dan sebaliknya dari Biner ke desimal. Sebelum mengkonversikan bilangan Biner ke Desimal ada baiknya kita mengenal dulu keempat bilangan berbasis tersebut yaitu. Bilangan Biner. 1 dan 0 Bilangan Octal. 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7 Bilangan Desimal. 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6,7, 8 dan 9 Bilangan Hexadesimal. 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6,7, 8, 9, A, B, C, D, E dan F Konversi dari bilangan desimal ke biner, dengan cara pembagian bilangan desimal tersebut dengan basis dari bilangan biner (2), dan hasil dari pembagian itulah yang menjadi nilai binernya. Contoh: 10 (10) . (2) Dari contoh di atas di ketahui nilai desimalnya adalah 10, di tanya berapakah nilai binernya. Untuk mendapatkan nilai binernya dilakukan perhitungan dengan pembagian dengan bilangan basis dari biner yaitu 2. Karena kita mencari bilangan biner (1 dan 0) maka hasil pembagian kita pun harus mencapai angka 1 dan 0. pembagian pertama. 10 dibagi 2 5, sisa 0. pembagian kedua. 5 dibagi 2 2, sisa 1. pembagian ketiga. 2 dibagi 2 1, sisa 0. Binary dan Hexadecima 1 Cara membaca dari hasil pembagian di atas menjadi bilangan biner (berbasis 2) adalah sebagai berikut. Seperti pada kalkulator setiap penulisan angka adalah dimulai dari digit terkecil sampai ke digit terbesar atau dengan kata lain dari digit satuan ke digit puluhan, ratusan dan seterusnya (dari kanan ke kiri) Begitu juga untuk membaca hasil dari perhitungan pembagian di atas, sisa dari pembagian pertama adalah 0, tuliskan angka 0 ini paling kanan. Kemudian hasil dari pembagian kedua dan sisanya adalah 1, tulis angka 1 ini di sebelah kiri angka 0 yang pertama kita tuliskan tadi. Pembagian yang ketiga menghasilkan 1 dan sisa 0, angka sisa harus di tulis terlebih dahlu sebelum hasil dari pembagian tersebut. Jadi tuliskan angka 0 dari sisa pembagian ketiga di sebelah angka1 (sisa pembagian kedua) dan dilanjutkan dengan penulisan yang terakhir angka 1 yang merupakan hasil pembagian ketiga sehingga menjadi 1010. Jadi hasil akhirnya menjadi 1010 (biner) Kemudian sekarang kita harus mengembalikan bilangan biner 1010 ke bilangan desimal, nah bagaimanakan caranya. Untuk mengubah atau mengkonversi bilangan biner ke desimal kita perlu menguraikan bilangan biner tersebut menjadi bilangan berpangkat berbasis 2. Bilangan biner 1010(2) . (10) diuraikan menjadi: (1x23) (0x22) (1x21) (0x20) 8 0 2 0 10 jadi untuk bilangan biner 1010 10 desimal Binary dan Hexadecima 2 Merubah Decimal menjadi Binary. Binary menjadi Hexadecimal dan Hexadecimal menjadi Binary Ada pepatah mengatakan, Banyak jalan menuju Roma. begitu pula untuk Perhitungan, Banyak cara untuk melakukannya. Di sini saya hanya mencoba memberikan langkah mudah untuk melakukan beberapa perhitungan seperti, merubah angka desimal untuk dijadikan angka binari, dari binari dijadikan hexadesimal dan merubah hexadesimal menjadi binari. Mungkin yg sering bergelut dalam bidang ini, akan sudah sangat mengerti betul bagaimana langkah-langkah perhitungan di atas. Tetapi ada kalanya kita memerlukan hasil yang serba cepat dalam melakukan itu dengan tujuan menyingkat waktu kerja kita. Di sini saya akan mencoba menjabarkan langkah-langkah cepat untuk melakukan perhitunganperhitungan tersebut, walaupun saya tidak begitu paham tetang apa itu bilangan decimal, binari maupun hexadecimal. Saya hanya ingin membantu anda yang berkeperluan di bidang ini. Jadi saya berusaha menyediakan pasilitas ini untuk kalangan yang masih awam atau bahkan masih tidak bisa mengerjakan perhitungan seperti di atas. Tidak ada hal yang benar-benar sulit, karena saya pun hanya dengan bertanya dan belajar dalam waktu semalam, mampu memberikan solusi yang saya harap bisa membantu menghemat waktu kerja anda. Nah saya akan jabarkan langkah-langkah mudah untuk melakukan perhitungan-perhitungan seperti di atas. Decimal ke Binary Contoh: 149 10010101 Dari anka desimal di atas, untuk mendapakan hasil 8bit binari: 10010101 ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan, Secara dasar kita hanya perlu membagi 2 angka awal, dan menyimpan sisa pembagian sebanyak 8 kali (di urut dari belakang). lengkapnya: 149 / 2 74.5 sisa. 1 Binary dan Hexadecima 3 74 / 2 37 sisa. 0 37 / 2 18.5 sisa. 1 18 / 2 9 sisa. 0 9 / 2 4.5 sisa. 1 4 / 2 2 sisa. 0 2 / 2 1 sisa. 0 1 / 2 0.5 sisa :1 nah, sangat mudah bukan. jadi kita tinggal mengkombinasikan sisa-sisa pembagian, dengan mengurutkannya dari belakang. Sehingga membentuk anka 8bit binari: 10010101. Binari ke Hexadesimal untuk perhitungan ini saya hanya berharap anda mau menghafal atau paling tidak menyimpan tabel di bawah ini. Hex Binari F E D C B A 9 8 7 6 5 4 3 2 1 1111 1110 1101 1100 1011 1010 1001 1000 0111 0110 0101 0100 0011 0010 0001 14 13 12 11 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 Decimal 15 menghafal tabel di atas saya maksudkan karena tidak begitu mudah mengingat perubahan Binari ke Hexadesimal dari 1 - F, tetapi tidak begitu sulit pula untuk menyimpan tabel di atas untuk digunakan kemudian hari. Saya pun tidak ada menghapus tabel di atas, karena saya merasa tidak gampang mendapatkannya. ) Tabel di atas ini saya namakan tabel sakti, karena dari tabel tersebut kita hanya perlu mengkelompokan angka per kolom, tanpa perlu banyak berpikir lagi. Jadi simpanlah tabel ini baik-baik. Dalam melakukan perhitungan binari ke hexa, kita perlu melakukan 1 hal dasar. Misalkan kita akan merubah 8bit binari: 10101001 ke hexadesimal. Pertama kita perlu membagi binari per quartet (kita ambil 4digit), dari 4 digit pertama, kita mendapat 1010, dan 4 digit ke-dua, kita mendapat 1001. Sekarang kita gunakan tabel sakti, cari angka yang sesuai dengan quartet pertama dan quartet Binary dan Hexadecima 4 ke-dua. Sehingga kita mendapatkan nilai Hexadesimal A9 Sangat mudah bukan, kita hanya tinggal menarik telunjuk ke atas dari nilai2 binari yang telah kita bagi menjadi dua bagian. Hexadesimal ke Binari Wah. untuk perhitungan ini sama saja dengan cara di atas. Jika anda sudah paham dengan cara menghitung Binari ke Hexadesimal, maka tinggal memutar-balik cara perhitungannya saja. Gampang kan gitu aja kok repot. Binary dan Hexadecima 5 relatedR E V I postingan kali ini gak jauh beda sama postingan yg sebelum-sebelumnya, mungonversikan bilangan cuman, yg ini kita tambah dengan pemanggilan JOptionPane nih codingnya cekidooots package praktek1 import javax.swing.JOptionPane / author Revi / public class JOptionkonversibilangan // pendeklarasian var private static String name private static String des private static String gender private static int validDes static StringBuilder binerHasil new StringBuilder() static StringBuilder hexaHasil new StringBuilder() static StringBuilder oktalHasil new StringBuilder() static String sc //proses konversi public static void keBiner(int n) if(ngt1) keBiner(n/2) System.out.print(n2) binerHasil.append(n2) public static void keHexa(int n) char daftarHexa if(ngt0) keHexa(n/16) System.out.print(daftarHexan16) hexaHasil.append(daftarHexan16) public static void keOktal(int n) char daftarOktal if(ngt0) keHexa(n/8) System.out.print(daftarOktaln8) oktalHasil.append(daftarOktaln8) //penginputan desimal public static void inputDesJOption() desJOptionPane.showInputDialog(Masukkan Bil.Desimalnya ) try if(des.isEmpty()) JOptionPane.showMessageDialog(null, Inputan angka tidak boleh kosong) inputDesJOption() //kembali input angka catch(NullPointerException npe) JOptionPane.showMessageDialog(null, Harap diisi angka terlebih dahulu) inputDesJOption()// kembali input angka //pengekspresian public static void eksepsiInpBiner() inputDesJOption() try validDesInteger.parseInt(des) System.out.print(nDesimal dari des , Binernya adalah ) keBiner(validDes) System.out.println(n) catch(NumberFormatException nfe) JOptionPane.showMessageDialog(null, des bukan angka nMasukkan angka saja ) eksepsiInpBiner() public static void eksepsiInpHexa() inputDesJOption() try validDesInteger.parseInt(des) System.out.print(nDesimal dari des , Hexanya adalah ) keHexa(validDes) System.out.println(n) catch(NumberFormatException nfe) JOptionPane.showMessageDialog(null, des bukan angka. nMasukkan angka saja ) eksepsiInpHexa() public static void eksepsiInpOktal() inputDesJOption() try validDesInteger.parseInt(des) System.out.print(nDesimal dari des , Oktalnya adalah ) keOktal(validDes) System.out.println(n) catch(NumberFormatException nfe) JOptionPane.showMessageDialog(null, des bukan angka. nMasukkan angka saja) eksepsiInpOktal() //output proses konversi public static void outHasilBiner() eksepsiInpBiner() public static void outHasilHexa() eksepsiInpHexa() public static void outHasilOktal() eksepsiInpOktal() //penginputan nama public static void inpNama() nameJOptionPane.showInputDialog(Masukkan Nama Anda :) try if(name.isEmpty()) JOptionPane.showMessageDialog(null, Nama tidak boleh kosong ) inpNama()//kembali input nama catch(NullPointerException npe) JOptionPane.showMessageDialog(null, Harap diisi Nama dulu dong ) inpNama()//kembali input nama //menampilkan input dialog jenis Kelamin public static void jenisKelamin() // menampilkan pilihan gender Object options int choice JOptionPane.showOptionDialog(null, Apa jenis kelamin kamu, Jenis Kelamin, JOptionPane.YESNOOPTION, JOptionPane.PLAINMESSAGE, null, options, options0) try if (choice JOptionPane.YESOPTION) gendersaudari, menuJOption1() else if(choice JOptionPane.NOOPTION) gendersaudara, menuJOption1() catch(NullPointerException npe) JOptionPane.showMessageDialog(null, Harap diisi terlebih dahulu. ) inpNama() // untuk penghitungan bilangan terbilang String angka private String sebut(int x) String bilang int y x / 100 if(y gt 0) bilang angkay Ratus if(y 1)bilangSeratus x100 if(xlt12)bilang angkax else yx/10 x10 if(y1) bilang angkax Belas else bilang angkay Puluh angkax return bilang private String terbilang(long x) int y String bilang String satuan if(x gt Math.pow(10, 20)) return Bilangan terlalu besar for(int i6igt0i--) y (int) (x/Math.pow(10, i3)) if(y gt 0) if(y1 ampamp i1) bilang Seribu else bilang sebut(y) satuani x Math.pow(10, i3) bilangsebut((int)x) return bilang public static void outTerbilang() sc JOptionPane.showInputDialog(Masukan Bilangan yang akan disebutkan. ) JOptionPane.showMessageDialog(null, new JOptionkonversibilangan().terbilang(new Long(sc)), TERBILANG, JOptionPane.INFORMATIONMESSAGE) public static void hasilPecahan() int desimal String strJOptionPane.showInputDialog(Masukkan bilangan yang akan dipecah. ) desimalInteger.parseInt(str) int satu, dua, tiga, empat, lima, enam, tujuh, delapan, sembilan, sepuluh, sebelas, duabelas, tigabelas // satudesimal/100000 desimal100000 JOptionPane.showMessageDialog(null,Jumlah seratus ribuan satu nJumlah lima puluh ribuan dua nJumlah dua puluh ribuan tiga nJumlah sepuluh ribuan empat nJumlah lima ribuan lima nJumlah dua ribuan enam nJumlah seribuan tujuh nJumlah lima ratusan delapan nJumlah dua ratusan sembilan nJumlah seratusan sepuluh nJumlah lima puluhan sebelas nJumlah lima satuan duabelas nJumlah satuan tigabelas . PECAHAN, JOptionPane.INFORMATIONMESSAGE) // untuk reset public static void kembaliMenu() inpNama() jenisKelamin() //ini untuk menu dari konversi bilangan public static void menuJOption() inpNama() jenisKelamin() String pilihan while (true) int response JOptionPane.showOptionDialog( null . Selamat Datang gendername. nPilih Konversi Bilangan dibawah ini// Pesan . Konversi Bilangan // Judul di Tittlebar . JOptionPane.YESNOOPTION // Tipe Option . JOptionPane.PLAINMESSAGE // Tipe Pesan . null . pilihan . null // Default button ) switch(response) case 0: outHasilBiner() break case 1: outHasilHexa() break case 2: outHasilOktal() break case 3: outTerbilang() break case 4: hasilPecahan() break case 5: kembaliMenu() break case 6: case -1: System.exit(0) default: JOptionPane.showMessageDialog(null, response salah response) break // pemanggilan data menuJOption untuk jenis kelamin public static void menuJOption1() String pilihan while (true) int response JOptionPane.showOptionDialog( null . Selamat Datang gendername. nPilih Konversi Bilangan dibawah ini// Pesan . Konversi Bilangan // Judul di Tittlebar . JOptionPane.YESNOOPTION // Tipe Option . JOptionPane.PLAINMESSAGE // Tipe Pesan . null . pilihan . null // Default button ) switch(response) case 0: outHasilBiner() break case 1: outHasilHexa() break case 2: outHasilOktal() break case 3: outTerbilang() break case 4: hasilPecahan() break case 5: kembaliMenu() break case 6: case -1: System.exit(0) default: JOptionPane.showMessageDialog(null, response salah response) break //untuk pemanggilan seluruh method public static void main (String args) menuJOption() ntar outputnya kayak begini nih. beeh, masih setia aja nih sama PHP :) yuk sekarang bikin program buat mengkonversikan bilangan dari Desimal ke Octal :3 BEKICOOOT eh salah. cekidoootts ltphp if (isset(POSTdecimal)) des POSTdecimal original POSTdecimal oct if (pregmatch(/0-9/,des)) die (maaf. inputan salah) else while (des gt 0) hasildes8 switch(hasil) case 0: oct.0 break case 1: oct.1 break case 2: oct.2 break case 3: oct.3 break case 4: oct.4 break case 5: oct.5 break case 6: oct.6 break case 7: oct.7 break case 8: oct.8 break case 9: oct.9 break case 10: oct.A break case 11: oct.B break case 12: oct.C break case 13: oct.D break case 14: oct.E break case 15: oct.F default:break if(des/8 0) sisa(des8) dessisa else sisa(des/8) dessisa8 result strrev(oct) echo bilangan original (desimal) dalam octal adalah result. lta hrefkonversiinputankeoctal.phpgtBacklt/agt to the script else gt lthtmlgt ltheadgt ltmeta http-equivContent-Type contenttext/html charsetUTF-8gt lttitlegtlt/titlegt lt/headgt ltbodygt ltform actionltphp echo SERVERPHPSELF gt methodPOSTgt lth3gtMassukkan Bilangan Desimal disini (cepat): lt/h3gtltinput typetext size50 namedecimalgt ltinput typesubmit valueKonversikangt lt/formgt ltphp echo SERVERPHPSELF gt lt/bodygt lt/htmlgt ltphp gt -- HASIL via browser -- -- HASIL via kalkulator --
Consecuencias fiscales de las opciones sobre acciones vencidas
Quanto si guadagna con forex